Magang Mahasiswa Sebagai Pendorong Pengembangan Karier di Masa Depan

WhatsApp Image 2022 10 05 at 20.01.46

 

Lhokseumawe- Menjadi mahasiswa saat ini dituntut untuk memiliki beberapa keahlian. Melalui program magang, mahasiswa dapat merasakan dunia kerja dan menentukan masa depan karier ke depannya. Mahasiswa harus memiliki beberapa keahlian dan pastinya pengalaman berorganisasi. Pengalaman bisa di dapatkan dimana saja, salah satunya dengan menjadi mahasiswa magang di perusahaan swasta atau di lembaga pemerintahan. Magang menjadi langkah awal sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Mahasiswa yang belum lulus diwajibkan untuk merasakan langsung dunia kerja, tujuannya agar setelah lulus sudah dapat menentukan karier untuk kedepannya.

Ternyata magang memiliki manfaat yang sangat besar loh bagi mahasiswa, berikut beberapa manfaat magang bagi mahasiswa.

  1. Menambah Pengalaman

Pastinya jika mengikuti suatu kegiatan akan menambah pengalaman yang baru untuk ke depannya. Dengan ini mempermudah kesempatan untuk magang di perusahaan ternama maupun perusahaan menengah. Ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajarinya selama kuliah menuju praktik didunia kerja. Dengan pengalaman magang ini, artinya mahasiswa sudah memiliki bekal sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.   

  1. Memperbaiki Curriculum Vitae

Dari pengalaman magang, terbentuklah kualitas seseorang yang dapat menarik pencari kerja. Usahakan cari tempat magang di perusahaan yang memiliki nama besar, akan tetapi mahasiswa juga harus mempertimbangkan kemampuan dan posisi yang diinginkan dalam mengikuti magang.

  1. Kesempatan untuk Belajar dari Kesalahan

Keuntungan dari magang mahasiswa pastinya ada seorang mentor. Melalui proses magang ini juga mahasiswa bisa belajar menerima arahan dari mentor serta memperbaiki jika terjadi kesalahan.

  1. Belajar Mengamati Budaya Perusahaan

Program magang merupakan fase awal untuk memahami budaya dunia kerja yang tentunya berbeda dengan dunia perkuliahan. Melalui magang ini bisa mengetahui sudut pandang dari rekan sesama kerja, sikap terhadap atasan maupun teman sebaya.

  1. Menentukan Karier

Magang menjadi solusi bagi mahasiswa yang masih bingung dalam menentukan karir. Bahasa lainnya magang menjadi tempat untuk mengetahui ketertarikan dibidang apa untuk berkarir di masa depan.

Magang menjadi solusi untuk kamu yang belum memiliki gambaran dunia kerja. Kamu dapat memperbanyak pengalaman  dengan magang di berbagai dunia pekerjaan. Magang memang sangat menyenangkan, tapi tidak lupa tujuan utama adalah menyelesaikan perkuliahan terlebih dahulu (cutsis).

Alamat UPT Bimbingan Karir dan Kewirausahaan
Universitas Malikussaleh

JL. Teungku Chie Ditiro, No. 26 Lantai 3, Kampus Unimal Lancang Garam Kota
Lhokseumawe 24351, Aceh Indonesia
Email : upt.bkk@unimal.ac.id

Search