Proses Wawancara Calon Tim Tracer Studi

Tracer study merupakan penelitian mengenai situasi alumni khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah di Universitas Malikussaleh. Pada negara maju, studi pelacakan jejak alumni adalah studi utama yang telah dilaksanakan secara sistematis, institusional, dan terus menerus. Maka tidak heran jika perguruan tinggi di negara maju diakui relevansi keberadaannya karena mereka terus-menerus melakukan evaluasi diri antara lain melalui tracer study.

Seleksi Calon Peserta Magang di UPT. BKK UNIMAL dalam Program Fasilitasi Pelaksanaan Tracer Study 2021
Wanwancara Tim Tracer Study 1

Wanwancara Tim Tracer Study 2

Wanwancara Tim Tracer Study 3

Wanwancara Tim Tracer Study 4
Manfaat tracer study tidak sebatas pada perguruan tinggi saja, tetapi juga dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan (link) antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia kerja. Tracer study dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan kerja baik horizontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan). Dengan demikian, tracer study dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya. Bagi universitas, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran. Di sisi lain, dunia industri dan dunia kerja dapat “melongok” ke dalam institusi pendidikan tinggi melalui tracer study, dan dengan demikian dapat menyiapkan diri dengan menyediakan pelatihan-pelatihan yang lebih relevan bagi sarjana pencari kerja baru.

Dalam pelaksanaan program fasilitasi tracer studi di Universitas Malikussaleh dibutuhkan adanya sebuah tim yang dapat bergerak membangun agar dapat berjalan dengan baik kegiatan program fasilitasi tersebut, dengan adanya sebuah tim yang dapat berkontribusi, berkolaborasi, dan siap bekerja diharapkan kedepannya dapat mewujudkan program fasilitasi tracer studi yang diinginkan. Dalam proses pencarian calon tim tracer studi dilakukan dengan melewati berbagai proses dalam open recruitment, dimulai dari tahap pendaftaran, wawancara hingga tahap pengumuman.

Peserta Magang Terdiri dari Berbagai Jurusan di Universitas Malikussaleh, antusias para peserta dalam mengikuti setiap proses yang dilakukan dalam open recruitment peserta magang, pewawancara sangat bersemangat dalam memberikan arahan dan juga masukkan seputar pengembangan diri dan juga kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta magang diharapkan kedepannya para peserta magang dapat menggali lebih lagi potensi yang didalam diri agar mampu berkembang dan juga bersaing ketika terjun langsung dalam dunia kerja.

Adapun link video dari proses wawancara peserta magang dapat dilihat dibawah ini:
https://www.youtube.com/watch?v=e_0CUqrGqwU

Alamat UPT Bimbingan Karir dan Kewirausahaan
Universitas Malikussaleh

JL. Teungku Chie Ditiro, No. 26 Lantai 3, Kampus Unimal Lancang Garam Kota
Lhokseumawe 24351, Aceh Indonesia
Email : upt.bkk@unimal.ac.id

Search